Wednesday, April 28, 2010

Pemanasan Suara sebelum pelayanan

Ini ada artikel yang saya dapatkan dari website:
http://r0ch4.wordpress.com/2009/01/09/pemanasan-sebelum-manggung/

Semoga bisa membantu teman-teman untuk pemanasan suara sebelum memimpin pujian atau menjadi singer/choir di gereja.

vokal adalah instrumen yang sangat unik, dan instrumen vokal bukan cuma pita suara kamu aja, tapi termasuk diafragma, lidah, juga resonance bodynya adalah muka.

hati2 memperlakukan vokal kamu. suara metal boleh2 aja asal kita sadar betul bahwa itu hanyalah efek. banyak penyanyi rock yang harus operasi karena timbul nodal di tenggorokannya.


nodal adalah daging yang tumbuh akibat resistance terhadap paksaan. jadi kalo kamu nyanyi dipaksa terus-menerus, bisa tumbuh nodal. jadi pemanasan itu penting, bukan biar suara lo bagus aja, tapi buat keselamatan vokal kamu. karena vokal kamu adalah asset yang sangat berharga pemberian Tuhan.


cara pemanasan yang simple, nyanyi aja pelan2 major scale (do re mi dst.) naik turun. atau hanya naik ke 5th (sol) turun lagi. jangan pernah paksain sampe tinggi2, nanti kalo suara udah panas, rangenya otomatis bakal nambah sendiri kok.

untuk pemanasan diafragma, nyanyi do re mi re do, dengan “HO” jadi ho ho ho ho ho dan rasakan bagaimana diafragma lo memberi penekanan untuk power.

Tuhan memberkati

No comments:

Post a Comment